Proses pemasaran dan perilaku konsumen
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan,serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapi tujuan perusahaan.
1. Proses pemasaran
Adalah kegiatan yang dilakukan oleh bagian pemasar untuk menetapkan harga barang atau jasa, mengenalkan barang atau jasa kepada konsumen, mendistribusikan barang atau jasa kepada konsumen, serta menimbulkan permintaan konsumen dengan cara mempromosikan produk tersebut.
Proses pemasaran dimulai dari:
- Menetapkan harga produk
daLam menetapkan harga produk bagian pemasaran harus mempertimbangkan:
a. Biaya produksi yang dikeluarkan,
b. harga pasaran produk,
c. harga persaingan produk,
d. serta keuntungan yang akan d trima dari setiap produk.
Biasanya dalam suatu perusahaan bagian pemasaran dlam menetapkan suatu produk hrus bekerja sama dengn bagian lain seperti bagian produksi dan bagian keuangan.
- Mempromosikan produk
Adalah kegiatan bagian pemasaran untuk memperkenalkan produk, sehingga produk tersebut dikenal oleh masyarakat, sehingga konsumen tertarik dan ingin memiliki produk tersebut. Kegiatan promosi dapat melalui media elektronik, maupun ,media cetak.
- Mendistribusikan barang
Bagian pemasaran bertugas juga untuk memastikan kegiatan distribusi produk berjalan lancar, sehingga tidak mengganggu proses pemasaran. Serta masyarakat mudah untuk memperoleh produk tersebut.
2. Perilaku konsumen
Yaitu keputusan konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk ataupun keputusan konsumen untuk tidak membeli sutu produk.
Perilaku konsumen di pengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor personal dan faktor sosial.
a. Faktor personal
Yaitu faktor yang berasal dari dalam diri manusia yang mempengaruhi keputusannya dalam mengmbil keputusan.
Yang termasuk faktor personal, diantaranya :
- Motivasi
- Persepsi
- Pemahaman
- Kepercayaan
- Sikap
- Kepribadian
b. Faktor sosial
Yaitu faktor yang berasal dari luar diri yang biasanya berasal dari masukan dari orang lain,keluarga ataupun lingkungan sekitar sehingga mempengaruhi keputusan seseorang dalam mengambil keputusan.
Yang termasuk faktor sosial, diantaranya :
- Kultur
- Sub kultur
- Kelas sosial
- Kelompok referensi
- Keluarga
- Peran dan status
Semua faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen serta keputusan konsumen untuk membeli ataupun tidak membeli suatu produk.
NAMA : TINA SUSILAWATI
KELAS : 1EB09
NPM : 26210901
TUGAS : PENGANTAR BISNIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar